"Ditimpukin" di Fotografer.net

Tulisan blog saya sebelum ini saya posting juga di forum diskusi Fotografer.net. Saya rubah sedikit kata-katanya sehingga menjadi semacam usulan pengembangan kedepan bagi komunitas fotografi terbesar dan terbaik di Indonesia. Konsep iStockphoto.com menurut saya sangat inovatif dan sangat bisa diterapkan juga di Fotografer.net. Tapi entah kenapa, mungkin karena bahasa posting saya yang mirip iklan "sampah" yang banyak beredar di Internet, yang banyak menggunakan istilah "kesempatan bisnis", "ide brilian", dll, akhirnya posting tersebut dicaci-maki di forum itu. He... he... saya baru tahu juga betapa reaktifnya para fotografer yang mengaku idealis dan pure hobbyist itu terhadap suatu "ide bisnis" yang justru untuk memperkukuh keberadaan mereka di dunia virtual. Agak sewot juga rasanya hati ini, posting saya tidak punya pretensi apa-apa, tapi dihina seperti sampah. Tapi akhirnya saya tersenyum juga, paling tidak di forum itu URL http://adriyanto.or.id jadi banyak di view orang.

Kalau ingin lihat posting saya dan reaksi "caci-maki"nya bisa dilihat di Forum Fotografer.net yang mudah-mudahan tidak berganti alamat ataupun terhapus di server mereka. Tadinya saya mau copy saja disini, tapi males lah... Masak caci-maki ke diri saya sendiri, kemudian saya masukkan ke blog saya sendiri. Artinya saya tidak etis terhadap diri saya sendiri. Betul kan?

Anyway, life goes on...


"Ditimpukin" di Fotografer.net "Ditimpukin" di Fotografer.net Reviewed by Web Admin on 10:10 AM Rating: 5

9 comments

  1. Sabar Bung
    Di/ Ke FN (FotograferNet) emang melulu berisi ama orang aneh, ada yg idealis & pure Hobbiist.., ada (banyak) juga yg sok nJeblak komen sekedar cari muka sama senior (catat: yg berpoint tinggi)yg ud komen duluan, tujuannya sih biar urlnya di lirik senior trus di poin 3 TU aplot-nya. Apalagi Bung poinnya msih eCek eCek !. Kadang miris juga ama member kyk gini, apalagi mandang ama sosok Bung Arbain Rambey yg baik & Kristupa yg kalem. Sbar Bung... Thread anda wajar kok...

    ReplyDelete
  2. Trm ksh atas komentarnya mas/mbak, setelah saya lihat2, emang komunitas FN ini agak aneh2... ternyata banyak faktor yg mempengaruhi ya? Termasuk masalah nge-boost poin mereka, he3...

    ReplyDelete
  3. Menurut saya FN komunitas yang fokus pada pengembangan teknik fotografinya daripada bisnis. Nggak tau, apa karena kalau bicara bisnis foto itu bisa menjadi saingan (bisa jadi bisa nggak).Daripda bicara di FN ditimpukin, mending bicara di blog fotografi saya mas, 'anti timpukan', hehehe....

    ReplyDelete
  4. fotografi khan hobby yang mahal...oleh karena itu saya setuju klo fotografi itu harus dijadikan suatu bisnis yang cukup menjanjikan..
    saya ada info niih bwat mereka yang mau menjual fotonya/desainnya secara online:

    http://dreamstimeku.blogspot.com/

    semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. oh....jadi ternyata FN itu gini tho. pantes teman saya bilangnya "saya join di FN kayanya kurang nyaman". dia ngomong dengan halus..tapi setelah baca thread dari link ini, hati saya pedih juga. ternyata orang2nya susah mendapatkan hal2 baru yang sebenarnya bisa memajukan mereka juga. yang sabar mas. banyak kok yang sepaham dengan anda. saya malah baru belajar moto2 setelah sebelumnya iseng bermain dengan PTC, traffic exchange, pay to read, dan tidak lupa google adsense. notabene yang adsense menuntut kita untuk pintar. apapun anda. termasuk juga potografi bisa dipake. nah loh..trus yang picik siapa udah kebaca tho..hehehehe

    ReplyDelete
  6. oh....jadi ternyata FN itu gini tho. pantes teman saya bilangnya "saya join di FN kayanya kurang nyaman". dia ngomong dengan halus..tapi setelah baca thread dari link ini, hati saya pedih juga. ternyata orang2nya susah mendapatkan hal2 baru yang sebenarnya bisa memajukan mereka juga. yang sabar mas. banyak kok yang sepaham dengan anda. saya malah baru belajar moto2 setelah sebelumnya iseng bermain dengan PTC, traffic exchange, pay to read, dan tidak lupa google adsense. notabene yang adsense menuntut kita untuk pintar. apapun anda. termasuk juga potografi bisa dipake. nah loh..trus yang picik siapa udah kebaca tho..hehehehe

    ReplyDelete
  7. begitulah yang namanya Manusia.. sudah senior dikit aja merasa paling tau. saya biasa di gituin di FN, tapi saya tetap positif thinkin' aja. karena saya tau, pendiri FN baik2, membernya yang kadang "arogan" ;))

    Salam FN... :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. hemm... mau sharing aja...
    Kalau stock photo agency lokal sudah ada lohh...
    Flow upload, jual/beli foto, sistem sharing dan sistem credit-nya mengacu sama stock photo yang sudah ada di dunia Semuanya online.

    Silahkan cek ke www.ayofoto.com

    Disitu ada bagian "Jual/Beli Foto". Fitur ini sudah memenangkan Juara 1 di INAICTA 2009 dan juga Bubu Awards v.06.

    Di tes keandalan-nya justru dilluar komunitas fotografer :)
    Biar netral dan belum ter"kotak"kan.

    ReplyDelete