Download Kurikulum SMK Teknologi Informasi 2004

Tidak gampang mencari informasi mengenai kurikulum sekolah di Indonesia. Ada banyak website, ada banyak proyek Diknas yang menyediakannya secara online. Tapi pada saat kita membutuhkannya, sangat sulit dilacak, terutama via Google. Biasanya karena server sudah tidak aktif. Hingga hari ini masih banyak rekan-rekan yang meminta kepada saya dokumen kurikulum SMK teknologi informasi (SMK TI). Bersama ini saya share saja file yang saya miliki, kebetulan yang saya miliki adalah file kurikulum SMK versi tahun 2004.

Saat tulisan ini dibuat, sekolah diwajibkan membuat sendiri kurikulum SMK berbentuk KTSP. Prinsipnya pada saat anda ingin membuat KTSP untuk sekolah anda, gunakan Kurikulum 2004 sebagai dasar, kembangkan atau kurangi sesuai kebutuhan anda. Bersama ini saya sampaikan juga contoh KTSP SMK program keahlian Multimedia dari SMKN 4 Malang yang sering dijadikan acuan (terima kasih pada pak Kwarta Adiprama yang membaginya). Anda tinggal menggunakan format contoh tersebut, dan memasukkan kebutuhan sesuai daerah anda dengan mengacu pada kurikulum 2004. Saya sertakan juga file presentasi lengkap bagaimana membuat KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SMK yang saya lupa didapat dari sumber mana (mohon maaf bagi pembuatnya).

Kemudian saya sertakan juga overview dari kurikulum SMK TI yang terdiri dari 3 program keahlian yaitu multimedia (MM), rekayasa perangkat lunak (RPL) dan teknik komputer jaringan (TKJ). File-file ini kami gunakan di SMK Teknologi Informasi (SMK TI) Airlangga Samarinda sebagai dasar bekerja. Silahkan langsung download dibawah ini.
Semua file saya kompresi kedalam bentuk RAR dan berukuran cukup besar, masing-masing 400an KB, kecuali contoh SMKN 4 Malang yang berukuran 3,5 MB. Jadi bersabarlah saat men-download-nya.

File-file ini saya simpan di Google Pages dan tulisan blog ini ada di Google Blogspot. Mudah-mudahan tetap exist selamanya kecuali Google bankrut. Semoga bermanfaat untuk yang memerlukannya.

Download Kurikulum SMK Teknologi Informasi 2004 Download Kurikulum SMK Teknologi Informasi 2004 Reviewed by Web Admin on 10:45 AM Rating: 5

28 comments

  1. huebat... tengkyu pak, sering2 sharing begini

    ReplyDelete
  2. Adri, masih ingatkah sama aku, sesama alumni Fulbright 2000 (aku di Athens Ohio). Namamu tak sengaja aku dapat di Koki yang tentang PON itu. Apa kabar? Sudah jadi pakar pendidikan dan teknologi rupanya ya. Good luck deh. Salam dari Iowa City.

    Cecilia

    ReplyDelete
  3. cecil, pakabar juga, pasti inget lah... senang bisa denger berita dari iowa. keep in touch, i'll see u again someday...

    ReplyDelete
  4. Pak, tolongin aku dong kirimin aku struktur kurikulum lengkap untuk program studi Teknik Informatika Komersial. Sudah tak cari2 internet kok nggak pernah ketemu. Thanks

    Best Regards
    M. Abdul Ghofur
    081331620721

    ReplyDelete
  5. @mac gyver: setahu saya teknik informatika komersial itu sebutan masa lalu utk jurusan TI, setelah itu kemudian dipecah2 jadi multimedia, tkj, rpl, dll... jadi sekarang gak ada lagi. tapi kalau arsipnya mungkin bisa tanya di milis dikmenjur di yahoogroups.

    ReplyDelete
  6. Syukron jazakumullah,..
    Thanks Mr,....

    ReplyDelete
  7. Tengkyu....bermanfaaat sekali...saya link ya..

    ReplyDelete
  8. matursuwun, sangat bermanfaat..
    kalo ada modul pembelajarannya pak

    ReplyDelete
  9. terima kasih banget informasinya

    ReplyDelete
  10. terima kasih banget informasinya

    ReplyDelete
  11. Matur nuwun, kapan-kapan tak unduh lagi ya...

    ReplyDelete
  12. MATUR SEMBAH NUWUN PAK..SUKSES TERUS..TI INDONESIA.

    ReplyDelete
  13. terima kasih banyak pak, smoga ini menjadikan nilai ibadah bagi bapak dalam upaya memberikan ilmu yg bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  14. trima kasih..bang..sudah bantu membantu dunia pendidikan

    ReplyDelete
  15. Makasih mas... dah gendong kemana-mana dapat disini. mo ijin nyedooot..

    ReplyDelete
  16. assalamu alaikum..
    gini lo, ko sy ksulitn mendownload kurikulum SMK teknologi informatika yang ad di Blog anda?? klo tidk keberatan tolong dkirimkan aj kealamt Email sy ya, plizzz.. mksh ditunggu lo scepatnya..

    ReplyDelete
  17. @laila: coba tunggu bbrp jam setelah usaha dl anda terakhir yg gagal. kebetulan file disimpan di google pages yg sedang dalam tahap perpindahan ke google sites. kemungkinan server mereka error atau ada gangguan.

    ReplyDelete
  18. Mantap bos, tq banget. saya linked di blog ku ya. http://mhdazmi.wordpress.com

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. thank you, i also downloaded it

    ReplyDelete
  21. Muhammad Totok PrabowoDecember 27, 2009 at 9:43 PM

    terimakasih Pak..
    semoga sharing bapak ini menjadi keberkahan tersendiri bagi Bapak..amieen..:)
    Good luck dan sukses selalu buat Bapak..
    salam dari saya Totok Yogyakarta..

    ReplyDelete
  22. thank's ya pa... kbeneran saya guru baru IT di SMK, jadi ada pencerahan ... skali lagi terimakasih... :) jika da uPdate sharing lagi ya pak.. hehehe...

    ReplyDelete
  23. Puji Tuhan Gan...Anda menyelamatkan pekerjaan saya gan...untung Anda share-kan ini seluruhnya...sumpah Depdiknas gak nyediain...saya gag tau apa yang ada di sana kog sampai sampai hal yang penting seperti ini gag di unggah ke web dia,,
    Super Gan.,

    ReplyDelete
  24. Matur Nuwun...
    Saking mbatul niki...Mas Dab...

    ReplyDelete
  25. terimakasih......
    mudah2an jadi amal

    ReplyDelete
  26. Pak mohon kasih juga Kurikulum SMK Disain Komunikasi Visual (DKV). terimakasih


    Audrey

    ReplyDelete
  27. Pak kirim juga dong Kurikulum SMK Disain Komunikasi Visual (DKV)

    Audrey, Surabaya.

    ReplyDelete